Pengertian Firewall Dan Jenis Jenis Firewall

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Firewall Dan Jenis Jenis Firewall. Dimana semua seluruh perangkat baik itu smartphone ataupun laptop/komputer, pasti akan ada yang namanya FIREWALL atau dalam bahasa indonesia adalah TEMBOK API.

Firewall ini memiliki peranan yang sangat penting di dalam sebuah jaringan, untuk mencegah serang yang membahayakan perangkat keras anda. maksudnya adalah mencegah serangan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itulah firewall ini sangatlah penting di dalam dunia teknologi sekarang ini, hari makin hari firewall akan terus ada pembaruan.

Untuk itulah disini kami akan membahas tentang Pengertian Firewall Dan Jenis Jenis Firewall. berikut ini ulasannya.

pengertian firewall dan jenis jenis firewall

 

 

Pengertian Firewall Dan Jenis Jenis Firewall Lengkap!!

 

Pengertian firewall

Umumnya tugas utama dalam firewall ini adalah mengecek atau menyaring terhadap paket jaringan yang melewatinya.

Firewall ini sendiri berfungsi sebagai alat untuk melindungin itegritas data dan sistem jaringan terhadap serang dari pihak yang berkelakuan buruk atau tidak bertanggung jawab.

 

 

Jenis jenis firewall

 

Packet filtering layer gateway

Jenis firewall ini merupakan salah satu hal yang paling terpenting di dalam firewall karena jenis ini akan bertugas untuk  melakukan penyaringan terhadap data yang terdapat dari luar jaringan (internet) untuk melindungi jaringan tersebut.

 

BACA JUGA

Pengertian Dan Kelebihan Next Generation Firewall (NGFW)

BACA JUGA

Pengertian Jaringan Man Kelebihan Serta Kekurangan Dan Fungsinya

 

 

Circuit layer gateway

Firewall jenis ini umumnya lebih spesifik pada lapisan transport data dari TCP/IP  dan akan melihat serta mengawasi dengan hubungan TCP awal.

Circuit layer gateway ini memang beroperasi dalam level yang lebih tinggin dari pada jenis firewall packet filtering  dengan menggunakan model referensi ISO.

 

Application layer gateway

Sesuai dengan namanya application, berarti firewall ini akan bertugas untuk menyaring paket keaplikasi agar tidak ada paket yang melewati secara langsung.

 

Statefull firewall

Statefull firewall ini sebenarnya gabungan dari ke-3 firewall di atas tadi yaitu:

  • Filtering
  • Circuit
  • Application
  • Dan Statefull

Firewall jenis ini merupakan firewall paling tinggi keamanannya dibandingkan dengan firewall yang lain. Karena statefull ini dapat melakukan filtering pada paket lalu lintas jaringan.

BACA JUGA

Pengertian Cyber Crime Dan Jenis – Jenisnya

 

 

Jenis jenis firewall lainnya:

 

Network address translation (NAT)

Tujuan utama NAT ini adalah melakukan multiplexing kepada lalu lintas jaringan setelah itu akan menyampaikan semacam jaringan MAN, WAN, serta jaringan internet yang memiliki jangkawan lebih luas.

Tidak hanya itu NAT juga akan membuat sebuah tabel dimana tabel itu berfungsi untuk mencatat informasi informasi tentang koneksi internet yang berada dalam firewall serta untuk memetakan suatu jaringan dari internal ke jaringan eksternal.

 

Transparent firewall

Sebenarnya jenis firewall yang satu ini tidak termaksud firewall asli karena firewall jenis ini hanya sebagai turunan  dari sateteful firewall. Umumnya firewall transparent ini akan melakukan apa yang dilakukan oleh firewall dengan jenis filtering packet.

 

BACA JUGA

Pengertian Jaringan Lan Serta Kekurangan Dan Kelebihannya

 

jenis jenis firewall

 

Penutup

Sekian dari kami tentang Pengertian Firewall Dan Jenis Jenis Firewall  jika anda  ada yang kurang tentang artikel ini silahakan KOMENTAR di bawah ini.

Semoga dengan artikel ini anda mendapatkan beberapa info baru ilmu baru dari kami, untuk itulah kami meminta partisipasinya agar artikel ini di SHARE ke teman-teman lewat media online maupun offline.

Jika menggunakan lewat Media Online sobat bisa langsung tekan IKON media sosial yang ingin di bagikan.

Terimah Kasih 😀

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *